Dengan Skuad Seadanya, TIRA Persikabo Digasak Bali United

By ommed


nusakini.com - TIRA Persikabo yang menurunkan skuad seadanya tidak berdaya ketika berhadapan dengan Bali United, dan dipaksa menelan kekalahan 3-0 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Kamis (3/2) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2021/22.

Kekalahan itu membuat TIRA Persikabo tetap berada di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan koleksi nilai 23. Sedangkan Bali United yang mengumpulkan 44 poin naik ke peringkat tiga.

Pada laga ini, TIRA Persikabo hanya menyiapkan 15 pemain. Hal itu disebabkan sembilan pemain dinyatakan positif COVID-19, sedangkan lima lainnya dibekap cedera. Praktis hanya empat nama yang berada di daftar pemain cadangan.

Situasi ini dimanfaatkan Bali United dengan maksimal. Mereka langsung melakukan tekanan ke pertahanan TIRA Persikabo sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Serangan bergelombang Bali United memaksa barisan pertahanan lawan bekerja keras.

Bali United mendapatkan peluang pada menit ke-16. Privat Mbarga menyisir sisi kanan serangan, dan melepaskan umpan ke depan gawang. Bola disontek Ilija Spasojevic, tapi masih berhasil diamankan Diky Indriyana.

Upaya Bali United membuka keunggulan terwujud selang dua menit kemudian. Sepak pojok Bali United menghadirkan kemelut, dan Diky gagal menangkap bola dengan sempurna. Mbarga menyambar bola muntah, dan Leonard Tupamahu meneruskannya ke dalam gawang.

Gol ini melecut motivasi tuan rumah, dan mereka berhasil menggandakan keunggulan. Bola umpan silang Ricky Fajrin dari sisi kiri serangan disambut tandukan Spasojevic yang tak bisa dicegah Diky masuk ke dalam gawang.

TIRA Persikabo yang berusaha bangkit untuk memperkecil ketertinggalan justru kebobolan ketiga kalinya di menit ke-39. Mbarga yang merangksek dari sisi kanan serangan melepaskan umpan ke depan gawang, dan bola langsung disambar Stefano Lilipaly yang muncul dari belakang. Skor 3-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Bali United tidak menurunkan tempo permainan di babak kedua, meski sudah unggul tiga gol. Namun TIRA Persikabo tampil menggebrak di awal paruh kedua ini, dan sempat memberikan ancaman serius di menit ke-57.

Berawal dari tendangan bebas Ciro Alves, bola berhasil diblok kiper Wawan Hendrawan. Bola muntah selanjutnya disambar Hendra Bayauw, namun Wawan kembali melakukan penyelamatan.

Di lain sisi, Bali United meningkatkan irama permainan setelah adannya ancaman dari TIRA Persikabo. Namun mereka gagal memaksimalkan peluang yang diperoleh, baik melalui Sidik Saimima, Spasojevic, maupun Mbarga, sehingga belum berhasil mengubah kedudukan. Skor 3-0 ini akhirnya menutup pertandingan. (gi/om)